Cara gw mengalahkan depression dan suicidal tendency



Kayaknya masa kecil gw biasa-biasa aja (namun gw sadar ini tuh ga biasa).. Terlepas dari upaya orang tua gw. Titik titik depresi gw yaitu

1st Depresi
Gw mengalami mata minus itu dari SD kelas 6. dan baru mulai Pakai Kacamata kelas 2 SMP. yah 2 Tahun tanpa kacamata. padahal udah jelas klo liat Papan tulis itu ga jelas. Itu dikarenakan gw takut untuk bilang ke orang tua. Secara Effort orang tua mimpikan diri gw untuk masuk kepolisian. Secara keluarga besar gw banyaknya polisi, jadi ga boleh tuh mata minus. Gw tahan-tahan namun ketika Guru Konseling cerita, akhirnya gw pakai juga. Namun tetap saja gw selalu merasa terhina oleh keluarga dari nyokap gw itu..

2nd Depresi
Dari mulai SD kelas 5.. gw ikutan les belajar dan sekolah agama selepas pulang sekolah. Senin-Jumat itu full. Pulang Sekolah jam 13.00. Jam 14/15.00 udah harus Les. Pulang Jam 17/18.00 lanjut Ngaji Jam 19.00 terus berkelanjutan. Awal-awal mulai banyak kaburnya, namun ada 1 hari yang membekas gw pernah ketauan kabur ga Les. Dan gw di tampar Bokap gw. yah didikan ini menghasilkan gw yang selalu masuk  Ranking 10 Besar bahkan pernah masuk Rangking 5 Besar.

3nd Depresi
Yah setelah mungkin ga ada harapan buat masuk kepolisian. gw pun diharuskan masuk Sekolah Kimia. (bukan gw banget, keinginan gw saat itu ingin ke perhotelan). yah 4 Tahun itu bagi gw bukan diri gw. Gw selalu menjadi langganan ranking terbawah. namun menurut gw, efek dari kasus ini berkepanjangan. Apalagi klo misalnya ada keluarga dari Bogor (Alumni Sekolah yang sama). Iya dengan embel2 lulusan sekolah  yang terwah sama anak-anak pinter jago kimia ini. (padahal gw mah ga ada sekuku kukunya)

Gw tau Orang tua  ingin yang terbaik untuk  anaknya. Kadang bagi anak sampainya sebagai abuse.
Yah dari situlah gw seperti  menjadi tipikal yang  suka 'maksain' kehendaknya, ga pernah dengerin, marah/ngamuk kalau didebat/dibantah selogis apa pun.

I don't blame my parent, I really don't. Now I respect them and am very thankful for who they are and what they have worked for. Pendidikan, kendaraan, hiburan dll. Mereka banting tulang buat gw.

Gw di sini cuma mau ngomong tentang trait orangtua seperti itu. atau gw sebut sebagai generasi  baby boomer. (Generasi Tahun 1946-1965)

Saat ini masih banyak yg tumbuh di lingkungan dengan orangtua kayak gitu. Dan dengan menerima perlakuan seperti itu terus-menerus selama belasan tahun. akhirnya kita semua tumbuh besar dgn luka hati yg mendalam. Kami salah tempat, ngerasa unwanted, ga diterima, ga di-accept tanpa syarat. Dan perasaan kayak gini kebawa terus sampe jadi permanen.

I grew up to be deeply insecure, egois (krn merasa ga pernah didenger) tapi pengen bgt diterima orang lain (karena merasa ga diterima), sering merasa sedih + hampa sampe suka nangis2 diem2, siklus tidur terganggu karena overthinking, nyalahin diri sendiri mulu.

Sepanjang SMP-SMA gw merasa gw aneh bgt, selalu berusaha bgt diterima orang tapi gw ga ada personality sendiri. I revolved around "pengen diterima" too much. Gw Dieman banget pada usia SMP-SMA
I was too toxic to myself but I didn't realize it. Yet.

Kayaknya sampe situ juga gw bisa dibilang udah borderline depression. Terus gw pernah beberapa kali kerja di beberapa kota yah cuma pengen biar bisa tinggal sendiri. Awalnya happy cabut dari rumah. Tapi lama2 gw makin parah sendiri. Sampai gw pun Kuliah (pindahan mulu jg) karena efek gw ga nyaman aja terlalu overthinking (padahal sih orang-orang tersebut ga berpikiran seperti apa yang gw pikirin). Sering…banget gw gabisa tidur, bangun buat overthink dan nangis. takut dibenci, tapi benci diri sendiri, gw ga cukup baik, rasanya kayak kejebak di pikiran sendiri sama demon yang super jahat, dan satu2nya cara buat mengakhiri 'kesakitan' gw adalah to kill myself.

Have you ever felt like this too? Kayaknya sama temen2 gw ketika itu juga gw bisa dikatakan toxic.
Personality gw jadi aneh, gw 'maksa' jadi someone I'm not (gasadar pgn bgt diterima), ga sengaja ngomog hal2 yg nyakitin, dalam rangka cari topik (again, karena maksa pengen diterima).

At the end of the day gw pelan2 dijauhin. Sebagai seseorang yg hidupnya revolved around "pengen diterima", that was the trigger.

Yah gw klo dikendaraan, pas nyetir sendiri semua pikiran buruk gw kumpul jadi satu.
Rasanya pengen banget nabrakin mobil ke beton terdekat, biar hidup gw selesai sekalian.
Klo ada yang kendaraan yang beda arah yang ngambil lahan arah gw, pengen banget gw tabrak.
Asli separah ini.

Abis itu gw tau ga bisa ngadepin ini sendirian. I DECIDED TO SEEK HELP.

Gw ke psikiater. Diagnosis: depresi (ga kaget sih)
Dikasih obat dll, rutin kontrol selama 3 bulan. Lumayan membaik selama bulan2 itu.

Gw ga pernah terus terang sama depresi ini. Yah gw alasannya klo lagi bonceng temen gw gampang ketiduran. yah ini sebenernya strategi gw juga biar orang yang gw bonceng ngalihin pikiran buruk gw itu.

Tapi di lingkungan keluarga nih yang masih suka bikin. Gw jadi 'jatoh' ke dalam lubang depresi & pengen bunuh diri lebih parah daripada sebelumnya. Tiap hari kacau banget. Rasanya pengen mati aja, penegn mati aja, pengen mati aja. Gw dibenci, ga ada yg ngerti gw, ga ada yg pengen gw ada, ga ada yg sayang sama gw.

Bahkan klo abis dari banyak banget kerjaan, deadline di ujung hari. Pikiran gw sakittt bgt. Tiap masuk kamar nangis, kesepian, pikiran gw ngulang2 ke diri sendiri  sampai ngerasa "nobody wants you" Hampir banget gw pergi ke sebuah kafe rooftop cuma buat  bunuh diri dengan loncat.

Gw bergejolak inget-ingetin aja nama-nama yang perhatian ma gw, sahabat-sahabat gw dan orang tua. Gw ngobatiinya yah dengan cara coba hubungin orang-orang yang bener-bener care sama gw.

Kasih tau aja masalah loe ke orang paling dekat.
Cara  profesional yah ke psikiater. tapi tetep butuh support system yaitu temen2, keluarga;
Dalam kasus gw yaitu temen2 hehehe..

gw selalu berusaha untuk berada diantara Support System itu. Menghindari namanya pertemuan dengan keluarga besar. ga ngaruh juga dan ga mau mancing depresi depresi itu muncul lagi. segitu aja.

Thanks my support system gw yaitu

  • Japranis (Temen kuliah gw, yang kuat banget jajannya), 
  • Melsa (sobat gw di kanada yg rencana pengen pulang ntar September)
  • Gege (Orang yang selalu dibikin repot dan ditumpangin)
  • Temen-temen ReaKreasi (yang ga maksain gw untuk harus ngejar Deadline. LOL)

2 komentar:

  1. terima kasih sudah mencari pertolongan.
    sakit mental itu kadang bikin kita ga ngerasa perlu untuk berobat, rasanya bakal sembuh seiring waktu aja. Padahal sama seperti sakit fisik, diobatin lebih cepat bikin kita lebih cepat nyaman sama diri sendiri. semangaaat !

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas semangatnya.. Iya betul biasanya klo masalha bertumpuk suka bikin beban.. hehehe

      Delete

 

BANNER

Topik Lain

Lamaran Pekerjaan Kekinian

Mungkin saking desperate kalo udah lulus sekolah / udah wisuda ternyata kamu ga kunjung juga dapat kerjaan... Mungkin ada yang salah d...

Timeline