Skip to main content

Buka Kedai Makanan Ga Cuma Modal Gede~

Sebagai warga sukabumi... Klo keliling kota , selalu aja nemu tempat makan baru... Seneng? Seneng sih, tapi ada kecewa sih... menu yang disajikan musiman.. Musiman?

Iya seperti ada tempat makan menunya sate taichan.. di kedai lain yang baru pun  jualan menu yang sama... -_-" Walau begitu gw pengen coba makanannya, Atmosfer tempatnya atau bahkan penasaran pengen tau bedanya satu tempat dengan tempat lainnya.
Banyak tempat makan baru yang hanya mentingin tampilannya, Bikin tempat yang enak buat foto-foto buat di instagram... cara pemasaran/ beriklan lewat socmed pengunjung udah jadi trend baru saat ini. buka kedai makanan bukan hanya ngurusin tampilan tempat yang cozy atau makanan yang diolah oleh chef handal.. kadang  soal service, mengolah promo dan jualannya yang terlupakan.
Jangan hanya berpikiran  “jualan makanan apa aja di Sukabumi bisa laku nih”. 
Nusuk kedengerannya.. itu bukan asal, ini ada alasannya.. Gue sering keliling tempat makan baru dan hafal masalah-masalah yang biasanya muncul
Misal buka kedai kopi. ga terlalu fokus sama makanannya.. Tinggal pasang WIFI  atau mungkin jual cake , kentang goreng, sosis goreng, panggang,rebus dll. Dah Kelar ngonsepnya..
Bahkan resto.. lagi trend  makanan dengan keju meleleh.. semua kedai, resto, bistro jualan itu...
Atau saking pusingnya restoran jual sundanese food  terus jualan western food juga.. Tema tempat jadi amburadul~ Apalah cuma ngikutin gaya orang lain. Saking parahnya menu campur-campur gitu, tiap mau pesen yang ini kosong yang itu kosong.. yang ini udah ga dijual.. LAHHH NGAPAIN MASIH DIPASANG DI LIST MENU!
Lalu Soal service, ga kalah penting. Ga apalah ada charge biaya service 10%. Tentu konsumen dapat pelayanan yang baik, Ga cuma sekedar senyum doang.. disenyumin saja sering. Masuk minimarket juga keluar masuk disenyumin. Sikap ramah ga diikutin dengan sikap yang helpful. Ditanya soal menu ini gimana bentuknya, apa aja isinya aja bengong.. Liatin menu (yah sambil liatin harga juga) sebentar aja dah main tinggal.. 
Pernah saking ngeselinnya... duduk dilantai dua di sebuah tempat makan. tiap mau pesen musti kudu turun lantai bawah, dan si waitersnya ga langsung nyamperin. Yah tolonglah klo punya tempat makanan yang berlantai dua mestinya siapin team diatas juga.. 
Dilain tempat, ada kru dapur sampai harus keluar buat bawa makanan langsung. Kasirnya duduk dan sesekali beresin meja. Padahal saat itu tempat lagi rame. Tempat makan ya fokus di penyajian makanan yang lebih cepat. Gara-gara chiefnya juga nyambi ngebawain makanan, sampe kerjaan dia keteteran. Udah keteteran, dan gue dah nunggu 30 menit buat pesenan beef steak gue datang. tiba-tiba baru dikabarin menunya habis. WDFK ABZZ!! Satu kali pelayanan buruk bikin malas kesana lagi.
Coba deh tiap orangnya punya satu tugasnya sendiri.. ga akan belepotan klo pas lagi rame. 
Gue saking salutnya tempat makan di sebrang bubur bunut : Brunch recipe klo ga salah  namanya.. Dengan waiters yang udah paham betul dengan knowledge menunya... bahkan pelayanannya memuaskan banget, antara waiters satu dengan yang lain saling backup. Oya mereka pun pendengar yang baik dan paham betul keinginan perut si konsumennya.. Kelihatan banget pelayan yang perhatian dan atensi dan yang sekedar denger doang, pesen yamin manis yang datang yamin asin. -.-
Makanya menurut gue bisnis makanan memang bukan bisnis yang gampang. Faktor errornya bisa dari segala sisi : kualitas makanannya sendiri, servicenya, atmosphere tempatnya, dan masih banyak lagi. Sayang  aja klo sekedar banyak uang untuk jadi modal kemudian ikut-ikutan buka kedai kemudian ternyata nggak berjalan baik dan ujung-ujungnya tutup-tutup juga.

Comments

Popular posts from this blog

Stand Up di Acara Ulang Tahun

Sabtu malam yang lalu gw guling-gulingan ga jelas.. maklum jomblo lagi  ga ada kegiatan. kemudian PING PING ada pesan BBM masuk ke si berryhitam. Pesan itu berasal dari seseorang cewe bernama Ovi (nama samaran dan kebetulan nama sebenarnya
Ovi :"Loe dimana?" Gw : "Tumben loe BBM gw? gw di rumah!" Ovi :"Gw butuh loe untuk StandUp di Dgreen" Gw :"Kapan? Acara apa?" Ovi :"Hari minggu ntar Acara Ultah, bisa kan? Dibayar nih" gw yg tadi guling-gulingan langsung bantal-bantalan berdiri.. Karena membaca kata "DIBAYAR"   yah sebelum-sebelumnya juga dibayar sekotak makanan sih..
Minggu pun telah tiba Tentu acaranya pasti formal.. dibantu oleh Manager saya (Nyokap) dicarikanlah pakaiannya.. aduh ternyata ga punya Jas... Tentu Nyokap dengan sigap memberikan solusi .. Dibawakanlah kemeja biru muda bergaris.. dengan motor merah berbatik ku telusuri jalanan kota #tsahhhh sampailah kepada tempat berbahagia itu.. "Dgreen Cafe & Re…

Battle Of Damned - Manusia, Robot dan Zombie

Emang Damn film ini..
Gw kira film perang.. kesalahan gw juga ga merhatiin cover filmnya..
Ternyata film melawan zombie.. ga masalah sih sama zombie nya.. anehnya kenapa memunculkan Robot?

Melihat Dolph Lundgren dalam film zombie adalah sesuatu yang baru saya belum pernah melihat sebelumnya, saya tidak membayangkan Dolph tua bintang laga sekolah untuk mengambil bagian dalam Pertempuran ini dari 2013 film yang zombie Damned.Film itu sendiri mulai mengejutkan ditoleransi tapi pendek setelah pembuka itu begitu jelas bahwa ini film B akan sangat sulit untuk menyelesaikan menonton.
Dolph Lundgren (Foto kredit: Gage Skidmore )

Plot Pertempuran of the Damned adalah tentang tentara bayaran bernama Max (Dolph Lundgren) yang disewa oleh dude kaya tertentu untuk menyelamatkan putrinya dari kota terinfeksi penuh dengan zombie.Selama misi penyelamatan yang jelas tidak beres dalam setiap cara yang mungkin Max kehilangan seluruh tim, tapi memutuskan untuk melanjutkan dan menyelesaikan mi…

SBY punya Twitter!!

Hari gini belum punya akun twitter? #pffttt
Dari Politikus,Menteri,penyanyi,Artis ampe Preman ga jelas juga punya.. Begitu maraknya dunia perkicauan dan juga Kicauan orang indonesia ini terkadang sering kali bikin World Wide Topik yang kurang bermutu. seperti contohnya "cLaMadH pAgYy mEn-TmEnQuHhhH" itu tentu menjadi motivasi orang yang lama ditunggu ini untuk bikin akun twitter.. siapa yang ditunggu itu?


Siapakah dia? Presiden kita Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Orang nomor satu di Indonesia.
Sebelumnya Pemerintah merilis akun twitter resmi dengan nama @IstanaRakyat.
Karena keinginan Presiden kita ini ga mau tersaingi dengan kamu-kamu yang dah punya akun twitter dibuatkanlah sebuah akun lagi untuk Presiden.


Tentu marak sekali atas twitter baru Pak beye ini.. Penuh candaan sampai ada yang nebak-nebak tweet perdananya.. sampai pegiat sosial yang juga aktivis antikorupsi Fadjroel Rachman melalui akunnya @fadjroeL membuat kuis tebak tweet pertama Presiden SBY. Sebuah kaus…