Nyoba tips nulis

Duh #JuliNgeblog hari kedua ini Buntu~
Gini nih klo ga suka nulis tiap hari dan ga baca tiap hari

tadi juga sempet baca quote seperti ini

Bila seseorang tidak bisa meluangkan waktu untuk membaca & atau menulis antara 4-6 jam per hari, Jangan berharap sebagai penulis bagus. - Stephen king

intinya sih untuk syarat jadi penulis yang baik itu harus baca/nulis 4-6jam perhari

terus kalo misalkan gue eksmud yang kerjanya 15 jam perhari, tidur 5 jam perhari
sisanya berarti tinggal 4 jam berarti pas dong? itu ga termasuk di jalan, makan serta buang aer.. beres-beres rumah~ Fiuhhh

Loe kan eksmud ngapain jadi penulis?
Yah biar biaya makan tanggal 16 - 30... Maaf becanda.. maklum gara-gara denger gosip anak kecil di iklan TV itu.

Menurut gue, kalo mau jadi penulis ga sebatas diperlukan baca/nulis 4-6 jam perhari.
Tapi dari

1. Sosialisasi
sosialisasi terhadap lingkungan kan bisa saja ide timbul dari sosialisasi diluar sana. contoh misalnya bayangan buat latar belakang tempat, Masa yang lagi trend saat itu. banyak yang bisa diambil. sepertin menceritakan indahnya Raja Ampat, yah kira nanti bisa dapat ide nulis berjudul "Raja Ampat Lima ternyata seorang pejuang eh tapi boong".

2. Komitmen
Yah itu komitmen  kunci kedua. misal ga usah maksa ngikutin gaya stephen king.. tapi usahakan sehari ada nulis atau baca..  misal nulis sehari 2 lembar. kebayang sebulan bisa 60 lembar hitungan sudah termasuk syarat nulis sebuah novel kan? lalu baca itu juga termasuk syarat jadi penulis setidaknya hari itu loe ga gaptek ada berita apa hari itu. jadi pas ditanya temen / baca tweetan temen di twitter masih ngeh.

3. Selalu mencatat
nah ini mungkin bisa membantu selalu membawa catatan..  karena ide buat tulisan bisa kapan saja datang kan? eh tapi ga nulis saat lagi dikendaraan atau lagi nyebrang jalan.. setidaknya mengamankan posisi sebentar di posisi aman.

dan kini gue baru nyadar~ gue yang lagi ga ada ide buat nulis blog di #juliNgeblog hari kedua ini akhirnya nongol.. ya itu tips nulis versi gue.. gue pake 2 tips diatas.

Sosialisasi.. klo gue ga baca twitter ga akan ada ide posting. dan juga klo gue bergaul sama penulis juga ga akan tau juga sih sama tips nulis ini :))
Komitmen.. yah komitmen buat usaha nulis. nyobain maksa buat nulis.. bagus jelek urusan belakanagan. ntar kan klo dah jadi bisa diperbaiki.

Jadi.. terbuktikan? suer deh beneran ini ga ada skenario.. jujur ini muncul sendiri idenya.. gue bukan sok-sok an kasi tips jadi penulis sih :D tapi adalah pengalaman nulis buku beberapakali  dan sebagian diterbitin contohnya skripsi. #Pfftttt
 ya udah selamat menulis aja buat kamu...

2 komentar:

  1. Iya bener nih, gue setuju banget apa yang kata Stephen king

    ReplyDelete
  2. Oke.. klo kata gue setuju ga? #insecureSamaStephenKing

    ReplyDelete

 

BANNER

Topik Lain

Lamaran Pekerjaan Kekinian

Mungkin saking desperate kalo udah lulus sekolah / udah wisuda ternyata kamu ga kunjung juga dapat kerjaan... Mungkin ada yang salah d...

Timeline